Mengenal Ayam Saigon Atau Ayam Vietnam

Ayam Vietnam, Ayam Saigon, Sabung Ayam, Adu Ayam, Laga Ayam, Ayam Aduan

Dalam perkembangannya, jenis ayam aduan vietnam mengalami revolusi genetika yang menghasilkan ayam yang jauh lebih baik dari pada awal kedatangannya seperti dalam hal penyerangan jauh lebih cepat, pandai dalam menciptakan peluang, dan teknik bertahannya menjadi lumayan baik sehingga banyak penghobi adu ayam yang mulai melirik ayam ini dan sekarang ayam ini sudah sangat populer diberbagai daerah di Indonesia, dan berikut ada ciri-ciri dari ayam ini, bagi kalian belum tahu tentang ayam ini bisa melihatnya agar tahu akan salah satu ayam aduan yang diminati banyak orang.

Ayam Vietnam ini sejatinya merupakan ayam petarung yang cukup andal jika kita melihat dari rekam jejak yang telah di torehkan.Namun banyak juga juragan ayam petarung yang mengatakan, jika ayam ini memiliki kualitas bertarung yang kurang  bagus. Hal tersebut belum bisa kita benarkan seratus persen. Bisa di katakan jika ayam ini sulit untuk di pukul lawan tarungnya,sebab ayam vietnam memiliki gerak lincah dan dengan cepat mampu mengantisipasi serangan yang datang baik dari pukulan,patukan. Gaya bertarung yang cukup terampil. Lincah dan trengginas,menjadikan ayam vietnam  sulit di tumbangkan.

Teknik serangan (Ofensif) dari Ayam Saigon dewasa ini tidak kalah cerdik dan indah jika kita bandingkan dengan trah Bangkok yang sudah melegenda yang mempunyai 3 jenis serangan Ofensif antara lain serangan dengan jalu , serangan dengan pukulan dan kombinasi serangan pukul jalu. Sedangkan untuk teknik bertahan dari ayam Saigon bermodalkan kualitas tulangan yang bagus dan di lengkapi dengan struktur daging dengan serat otot yang padat dan kasar (banyak) menjadikan ayam ini menjadi ayam yang tahan pukul serta mempunyai pukulan yang keras. Adapun kulit ayam Saigon yang tidak terlindungi dengan bulu secara otomatis akan menjadi tebal, elastis dan berkerut setelah ayam Saigon mencapai umur dewasa sehingga saat menerima patukan , pukulan atau  jalu dari lawan maka kulit tidak mudah terluka atau terkoyak.

Ayam Vietnam, Ayam Saigon, Sabung Ayam, Adu Ayam, Laga Ayam, Ayam Aduan,


Ciri-ciri Ayam Vietnam

Berikut akan saya berikan beberapa ciri ayam aduan Vietnam berserta keunggulannya.

  • Secara fisik, sangat mudah membedakan ayam aduan Vietnam dengan ayam lain, seperti ayam Bangkok maupun ayam Burma.
  • Sejak lahir, ayam Vietnam tidak memiliki bulu. Jika kita lihat ayam Vietnam dewasa tidak memiliki bulu rapat yang menutupi tubuhnya, itu bukan karena rontok. Melainkan karena sejak lahir memang tidak memiliki bulu. 
  • Ayam Vietnam tidak memiliki bulu di bagian leher. Inilah keunikan ayam aduan ini. Walaupun sekujur tubuhnya penuh bulu, tapi bagian leher tidak memiliki sehelai bulu pun. 
  • Tidak punya bulu rawis. Mungkin seharusnya di bagian leher yang tidak ditumbuhi bulu ini ditumbuhi bulu rawis seperti umumnya ayam jantan. Tapi ayam Vietnam tidak memilikinya. Sehingga sering juga disebut ayam banci. Seperti ayam betina yang tidak memiliki bulu rawis.

Dari segi postur unggas dengan ciri khas ayam vitenam/saigon ini mempunyai kualitas postur yang lebih gagah, bidang, tinggi dan tampak kuat dan berotot. Meski begitu kemampuan bertarung ala Ayam Vietnam ini konon tak sehebat ayam petarung lain. Teknik pukulan ayam di dalam sabung ayam vietnam itu berbeda-beda. Ada yang memukul di bagian kepala dan leher, ada yang memukul lebih rendah di dada dan badan, ada yang memukul dari belakang ataupun samping, dan lainnya

Ada banyak sekali orang yang mencari ayam Vietnam ini. Banyak orang yang mengklaim bahwa ayam Vietnam asli yang baik untuk dijadikan ayam petarung memilik ciri-ciri berupa kepalanya gundul. Namun, benarkah hal itu? Mari kita buktikan! Ternyata, menurut sejarah yang ada, ayam saigon asal Vietnam tidak memiliki kepala gundul.
Previous
Next Post »